Difusi Inovasi Pendidikan

Menilai Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Situs Jejaring Sosial Facebook Serta Dampaknya Dalam Keberhasilan Belajar Mahasiswa

 

A.   PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG

Di era globalisasi dan perkembangan IPTEK yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik itu berdampak positif ataupun negatif.  Dampaknya pun tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.

 Arus Globalisasi yang semakin hari semakin kuat daya tariknya tidaklah dapat terbendung oleh individu, kelompok institusi maupun negara. Arus globalisasi mau tidak mau harus diterima secara terbuka.  Disebabkan globalisasi dapat masuk melalui berbagai sektor dan metode.

Dewasa ini perkembangan telekomunikasi di dunia, khususnya di Indonesia semakin berkembang.  Terbukti dengan tingkat antusiasme masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan fasilitas telekomunikasi modern seperti Handphone (telepon seluler) dan internet.  Dari data statistik yang ada pengguna Handphone (telepon seluler) di Indonesia adalah terbanyak di kawasan Asia Tenggara dengan tingkat presentase penggunanya mencapai 90 % dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.  Begitu pula penggunaan fasilitas internet sudah merambah ke pelosok – pelosok Indonesia.

Fasilitas internet merupakan fasiltas tercanggih zaman ini, karena dengan adanya fasilitas ini setiap orang dapat mengakses informasi dengan lebih cepat dan efisien.  Selain itu fasilitas ini juga memiliki banyak kelebihan, selain cepat dalam pengaksesan informasi, fasilitas ini dapat berfungsi dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain sama halnya dengan telepon seluler ataupun pesawat telepon.

Akhir – akhir ini, beberapa situs web telah menyediakan fasilitas komunikasi pada item – item webnya. Misalnya saja, http://www.yahoo.com, http://www.facebook.com, http://www.friendster.com ataupun situs – situs yang lainnya. Namun di antara situs – situs yang ada hanya facebook saja yang paling diminati oleh masyarakat dunia dari berbagai suku, agama, ras, komunitas, kalangan maupun usia.  Facebook merupakan jejaring pertemanan yang dilengkapi fasilitas chatting, sehingga para penggunanya dapat berkomunikasi dengan siapapun dalam jangka waktu bersamaan.  Kemunculan facebook dapat dikatakan suatu fenomena yang terjadi di masyarakat, yang kemungkinan berakibat positif maupun negatif.

Kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa UNJ jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2011 kelas reguler yang telah lama ikut berpartisipasi dalam situs pertemanan ini. Namun, dampaknya belum dapat diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar mahasiswa.

2.      RUMUSAN MASALAH

  1. Sebarapa besar dampak situs pertemanan facebook terhadap prestasi mahasiswa Teknologi pendidikan angkatan 2011 kelas reguler?
  2. Berapa banyak mahasiswa Teknologi pendidikan angkatan 2011 kelas reguler yang mengenal dan bergabung dalam situs pertemanan Facebook ?
  3. Seberapa banyak mahasiswa TP 11 reguler yang meggunakan facebook untuk pembelajaran?

3.      TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan Penelitian

Dapat menilai keaktifan mahasiswa serta mengetahui sejauh mana dampak situs facebook terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Teknologi pendidikan angkatan 2011 reguler di Universitas Negeri Jakarta.

Manfaat Penelitian

  • Memberi masukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh situs pertemanan facebook terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Teknologi pendidikan angkatan 2011 reguler di Universitas Negeri Jakarta.
  • Mengetahui Keaktifan belajar Mahasiswa TP 11 Reguler melalui situs facebook.
  • Menambah studi kepustakaan bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Adapun manfaat dari adanya survei akan keaktifan kepada 39 mahasiswa TP dalam forum DIP dengan menggunakan teknik pertanyaan YES, NO, atau YES dan NO ini adalah sebagai berikut :

  • Mahasiswa semakin aktif dalam pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai suatu informasi yang mereka ketahui.
  • Mahasiswa Tidak ragu serta percaya diri dalam mengemukakan suatu pendapat tanpa mencontek jawaban dari teman.

4.      RESPONDEN SURVEI

Slide1

B.     HASIL SURVEI

 

Mahasiswa/I Teknologi Pendidikan Angkatan 2011 reguler semester 098 yang mengikuti perkuliahan Difusi Inovasi Pendidikan dituntut untuk dapat berperan aktif di dalam perkuliahan tatap muka maupun dalam berdiskusi di forum group discussion IDP yang menggunakan media facebook sebagai media pembelajaran.

Adapun hasil survei per tanggal 24 Maret 2013 pukul 14:15 WIB terhadap keaktifan mahasiswa dalam forum group discussion IDP didapatkan hasil sebagai berikut :

Slide2

 

Slide3

Slide4

C.     PEMBAHASAN

 

Berdasarkan hasil survey diatas, yang disajikan dalam bentuk table, diagram batang dan diagram lingkaran menghasilkan beberapa pendapat saya sebagai berikut :

Dari total 39 Mahasiswa/I yang mengikuti mata kuliah DIP,  terdapat 22 Mahasiswa/I yang aktif (56%) dan tersisa 17 Mahasiswa/I (44%) lainnya hanya diam saja dan belum ikut aktif dalam Forum Group Discussion IDP. Dari ke 22 Mahasiswa/I ini juga merupakan yang sering aktif di matakuliah ini Serta sering memberikan postingan yang cepat. Data itu diambil pada 24 Maret 2013 pukul 14.15 WIB dalam jangka waktu tersebut masih banyak jumlah mahasiswa yang kurang aktif atau belum memberikan tanggapan jumlahnya pun masih cukup besar sekitar 44 % padahal tugas atau postingan tersebut telah dibuat sehari sebelumnya yaitu tanggal 23 Maret 2013.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Yang pertama kemungkinan beberapa mahasiswa/i belum mempunyai akses penuh internet 24 jam ataupun memiliki modem sehingga belum mengetahui adanya tugas/postingan di dalam group. Yang kedua bisa jadi mahasiswa sedang banyak tugas/pekerjaan lain sehingga tidak sempat membuka facebook, atau alasan yang ketiga mungkin malas mengerjakan tugas. Alasan yang terakhir inilah yang terkadang masih banyak menghinggapi para mahasiswa yaitu rasa “malas” . Sebenarnya disinilah salah satu tujuan mengapa dilaksanakan postingan tugas di dalam group facebook karena ingin mengetahui keaktifan belajar dari para mahasiswa serta dampaknya bagi keberhasilan belajar mahasiswa.

Akan tetapi untungnya, masih lebih banyak jumlah mahasiswa yang telah aktif memberikan postingan ketimbang mahasiswa yang kurang aktif terlihat dari persentase perbandingannya 56% mahasiswa aktif dan 44 % yang kurang aktif. Disini terlihat sudah lebih banyak mahasiswa yang sadar atau lebih bertanggung jawab akan tugas-tugas mereka.

Akan tetapi para mahasiswa yang telah memberikan postingan yang berjumlah 22 orang itu masih terlihat kurang kreatif, terbukti dari hasil survei jelas terlihat dari beberapa postingan masih banyak mahasiswa yang memberikan postingan jawaban yang hampir serupa satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya.

Jika dinilai secara positif mungkin saja hal itu terjadi karena jawaban yang ingin dikemukakan mempunyai garis besar yang hampir sama maknanya,akan tetapi jika dinilai dari sisi negatif bisa saja sebelum memberikan postingan seorang mahasiswa melihat jawaban dari teman yang telah memposting sebelumnya sehingga jawaban dari temannya menjadi acuan dalam menjawab pertanyaan/memberikan postingan.

Didalam Forum Group Discussion DIP seharusnya, pertanyaan Dosen lebih mengembangkan aspek kreatifitas mahasiswa dan bersifat 2 arah. Bukan halnya pertanyaan yang bersifat 1 arah saja.

D.      KESIMPULAN

Berdasarkan hasil uraian pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu :

  1. Seluruh mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan 2011 reguler telah mengenal dan memiliki akun di dalam situs pertemanan facebook .
  2. Facebook dapat dijadikan sebagai media pembelajaran baru yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
  3. Facebook juga dapat menilai keaktifan siswa dalam memberikan tanggapan ataupun postingan didalam forum pembelajaran yang telah disepakati bersama, sebagai forum dalam membantu pembelajaran.
  4. Forum didalam facebook juga dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa terlihat dari beberapa hasil survei yang telah dibuat diatas.

E.      DAFTAR PUSTAKA

Dewi, Salma P. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan First Edition. Jakarta: Kencana

Joko, P,  SH.  2004.  Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek.  Jakarta:  Penerbit Rineka Cipta

Sugiyono, Prof. Dr.  Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.  Bandung :  Penerbit Alfabeta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s